05/01/14

Burung Beo dan Kiyai

15.51

Di sebuah pesantren Seorang kiai memiliki burung Beo yang terlatih mengucapkan kalimat dzikir seperti: Assalamu'alaikum, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, dan lainnya

Suatu hari, pintu kurungan terbuka & burung itu terbang bebas. Sontak para santri mengejar burung milik guru mereka, sementara si burung terbang tidak terkontrol dan tertabrak kendaraan yang melintas dengan kencang hingga terkapar sekarat lalu mati.

Pa Kiai tampak berbeda usai burungnya mati, nampak sekali sedih hingga seminggu lamanya. Para santri yang melihatnya pun mengira Kiainya bersedih karena burungnya mati, mereka berkata:
"Kiayi, jika hanya burung yang membuat kiai sedih, kami sanggup menggantinya dengan yang bisa berdzikir juga. Tak perlu kiai bermurung hingga sedemikian lamanya!"

 Pa kiai menjawab: "Aku bukan bersedih karena burung itu."

Para Santri: "Lantas kenapa pa kiai?"

Sang Kiai: "Kalian melihat bagaimana burung itu sekarat setelah tertabrak?"

 Para Santri: "Ya, kami melihatnya."

Sang Kiai: "Burung itu hanya bersuara KKKKAAKK, KKKKHHEEK, KKKKAAKK, KKKKHHEEK,,, padahal sudah terlatih berdzikir sedemikian rupa, namun saat merasakan PERIHNYA sakaratul maut menjemput, hanya perih yang terasa.
Lalu aku teringat diriku, yang setiap hari terbiasa berdzikir, JANGAN-JANGAN NASIBKU SAMA SEPERTI BURUNG ITU, TAK KUAT MENAHAN SAKARAT LALU BUKAN DZIKIR YANG KUUCAPKAN."

Semoga dzikir-dzikir yang senantiasa kita ucapkan dapat selalu kita resapi maknanya..

Written by

Media Islam Salafiyyah, Ahlussunnah wal Jama'ah - Situs Islami Berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah sesuai pemahaman sahabat dan generasi terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Manhaj. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top